Ahli Temukan Golongan Darah P, Hanya Satu dalam Sejuta

VIVA Techno – Pakar medis di provinsi Jiangsu, China, telah menemukan kasus langka golongan darah P, yang dianggap lebih langka dibandingkan subtipe “darah dinosaurus” atau “darah panda”.

Penemuan tersebut menambah kasus baru golongan darah langka yang tercatat dalam sejarah. Menurut People’s Daily, golongan darah Rhesus-negatif, yang umumnya dikenal sebagai “darah panda”, terdapat pada sekitar 0,4 persen populasi Tiongkok, dan fenotip para-Bombay, yang dikenal sebagai “darah dinosaurus”, adalah 1 dari 10.000.Satu pada 100.000 orang, sedangkan frekuensi golongan darah P kurang dari satu dalam sejuta, dilaporkan Selasa 9 Januari 2024.

Golongan darah langka ini ditemukan di provinsi Jiangsu di Tiongkok timur. Menurut dokter Rumah Sakit Rakyat Taixing, Cao Guoping, hasil urutan gen dalam kasus ini tidak konsisten dengan semua mutasi gen kelompok P yang dilaporkan.

Saat ini, hanya sembilan kasus golongan darah p yang dilaporkan di Tiongkok. Golongan darah P awal ditemukan pada tahun 1927 dan data menunjukkan bahwa sistem golongan darah P memiliki lima fenotipe yang umum – P1, P2, P1k, P2k dan p.

Dalam kasus ini, golongan darah P dipastikan mengandung rangkaian nukleotida yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia, yang dipastikan setelah Cao menyerahkan hasil pengurutan tersebut ke Human Genome Bank pada Desember 2023.

Cao mengatakan kepada media bahwa penemuan baru ini memiliki nilai klinis yang besar.

Meskipun golongan ABO dan Rh adalah yang terpenting dalam transfusi darah, terdapat 36 golongan darah tambahan. Menurut NHS, setiap golongan darah memiliki campuran unik gula dan protein yang disebut antigen yang muncul di permukaan sel darah merah.

Dengan lebih dari 600 antigen, terdapat potensi variasi yang besar antar individu. Menurut laporan NHS, jika darah seseorang mengandung antigen yang tidak biasa atau tidak mengandung antigen yang umum ditemukan, maka ia mungkin memiliki subtipe yang langka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *