Cek Fakta: Boba Nyangkut di Usus Buntu dan Tak Bisa Dicerna

VIVA – Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang dokter membawa tas yang jika dibuka akan mengeluarkan butiran hitam bernama boba, bola-bola kecil tapioka yang sering digunakan sebagai isian minuman bubble tea.

SEJARAH:

“Itu tersangkut di usus buntumu dan kamu tidak bisa mencernanya????”

HASIL FAKTA

Dari hasil penelusuran, penipuan ini sudah pernah dibahas di Turnbackhoax.id dengan judul “[TIDAK BENAR] Hasil Operasi Usus Buntu Total Bob” pada 2 November 2021. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa video tersebut memperlihatkan operasi kandung empedu. Butiran hitam di video tersebut bukanlah kacang boba, melainkan batu empedu yang mungkin disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Ahli gastroenterologi prof. Dokter Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), mengatakan, gambar yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan kantong empedu dan tidak ada hubungannya dengan boba. Ia juga menjelaskan, butiran hitam tersebut merupakan batu empedu yang bisa disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi.

Sedangkan untuk boba, Dr Ari menjelaskan, boba pasti akan terurai setelah melalui proses pencernaan, meski tidak dikunyah. Namun, hal ini tidak menjadi alasan bagi masyarakat untuk terus-menerus mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, karena dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan bahwa boba terlibat dalam usus buntu dan tidak dapat dicerna adalah salah dan menyesatkan.

APLIKASI

Penipuan lama (HLBK) yang beredar sejak tahun 2020 kembali beredar. Pakar saluran pencernaan, prof. Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), mengatakan, gambar yang ditampilkan dalam video menunjukkan kandung empedu dan itu. tidak ada hubungannya dengan Boba.

REFERENSI

Https://cekfakt.com/focus/9862

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *