Cek Fakta: Mobil Esemka Bakal Ikut Formula E Jakarta

VIVA – Beredar di media sosial bahwa mobil Esemka akan berlaga di balapan Formula E Jakarta. Postingan tersebut beredar sejak pertengahan pekan ini.

Salah satu akun mengunggahnya ke Facebook pada 24 Mei 2022. Unggahan tersebut memuat gambar bertuliskan “Mobil ESEMKA dikabarkan mengikuti ajang bergengsi Formula E”.

Deskripsi akun tersebut juga menambahkan “Seru… Mobil tak berawak akan berkompetisi di Formula E. Sebong, jangan sampai ketinggalan.”

Hasil pengecekan fakta

Dilansir dari Cekcepat.com, Cek Fakta Liputan6.com belum menemukan informasi valid terkait mobil Esemka yang mengikuti ajang balap Formula E Jakarta.

Selain itu, cek fakta Liputan6.com menemukan ada gambar yang layak diunggah. Gambar ini diambil dari artikel INews.com dengan judul “Mayoritas Pembeli Tiket Formula E Jakarta dari Australia dan Jepang”.

Artikel tersebut diunggah ke akun Facebook INews pada 20 Mei 2022 dengan keterangan sebagai berikut:

“Pembeli tiket Formula E Jakarta 4 Juni 2022 mayoritas merupakan warga negara asing (WNA).

Berdasarkan data panitia, hanya 21,2 persen warga negara Indonesia (WNI) yang membeli tiket Formula E, sedangkan 78,8 persen merupakan warga asing.

Berdasarkan data, orang asing yang paling banyak membeli tiket Formula E adalah orang asing asal Australia dan Jepang yang menyumbang 9,1 persen dari pendistribusian. Disusul asing asal Filipina, India, Inggris, Amerika Serikat, dan Italia masing-masing sebesar 6,1 persen. Setelah itu, Malaysia, Argentina, Turki, Polandia, Norwegia, Tunisia, dan Guatemala masing-masing mendapat 3 persen. Dari seluruh tiket kelas yang terjual, panitia Formula E menyebutkan tiket kelas VIP yang terjual mulai Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000 juga terjual habis.

Kesimpulan

Postingan Mobil Esemka akan mengikuti balapan Formula E Jakarta adalah bohong. Gambar yang diunggah telah diedit.

Konteks

Https://cekfakt.com/focus/9901

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *