Cek Fakta: Ukraina Ancam Tarik Dukungan Kemerdekaan Indonesia

Halaman Facebook dengan nama pengguna VIVA – “Angkatan Pertahanan Militer Indonesia” (https://www.facebook.com/alutsista86/) mengunggah video dengan deskripsi yang menunjukkan ancaman Ukraina untuk mencabut kemerdekaan Indonesia setelah menolak resolusi PBB.

Berikut penjelasan videonya:

“Lucu!!

Hasil cek fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut tidak menyebutkan informasi mengenai ancaman Ukraina yang akan mencabut kemerdekaan Indonesia. Video tersebut berisi pendapat beberapa ahli mengenai sikap Indonesia terhadap konflik Ukraina dengan Rusia. Adapun dalam resolusi PBB, Indonesia merupakan salah satu dari 141 negara yang mengadopsi resolusi yang memaksa Rusia menghentikan serangan militernya terhadap Ukraina.

Komunikasi terakhir Ukraina dengan Indonesia terjadi pada 1 Maret 2022 berupa surat resmi dari Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia. Dalam surat tersebut, Ukraina meminta dukungan Indonesia dalam mengatasi konflik yang sedang berlangsung tanpa mengancam akan menarik kemerdekaannya.

Oleh karena itu, video yang diunggah halaman Facebook dengan nama pengguna “Angkatan Pertahanan Militer Indonesia” (https://www.facebook.com/alutsista86/) dapat digolongkan sebagai konteks palsu.

Kesimpulan

Faktanya, dalam video tersebut tidak disebutkan informasi mengenai ancaman Ukraina yang akan mencabut kemerdekaan Indonesia. Video tersebut berisi pendapat beberapa ahli mengenai sikap Indonesia terhadap konflik Ukraina dengan Rusia.

Referensi

Https://cekfakt.com/focus/9418

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *