Intip Persiapan Telkomsel ‘Mengukur Jalan’ Jelang Lebaran

VIVA Tekno – Telkomsel menggelar beberapa acara networking selama musim mudik lebaran untuk memuluskan PR.

Menurut Asisten Direktur Operasi Jaringan Global Telkomsel, Galumbang Pasaribu, penumpang sudah dibuat aman untuk terhubung.

Optimalisasi jaringan telah dilakukan di lebih dari 244 ribu menara Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel di seluruh Indonesia.

Anak perusahaan Telkom ini juga akan memberikan perhatian khusus pada 444 titik yang diperkirakan menjadi hub sibuk. Mulai dari jalan tol, jalan negara, jalan tol, jalur kereta api, terminal, pelabuhan dan bandara.

“Jadi mereka (masyarakat) terlayani dengan baik ketika berada di sana,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis, 28 Maret 2024.

Telkomsel memperingatkan 36 unit seluler BTS alias Combat di berbagai lokasi yang diperkirakan akan mengalami trafik internet tinggi.

Galumbang memperkirakan trafik data meningkat 15,22 persen pada Ramadan dan Idul Fitri 2024 dibandingkan hari normal.

Selama Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, diperkirakan jumlah penggunaan internet tertinggi berasal dari game online (40,84 persen), aplikasi pesan instan (25,49 persen), dan video streaming (22,61 persen).

Pada musim lebaran, penggunaan media sosial diperkirakan sebesar 11,14 persen dan belanja melalui platform online diperkirakan sebesar 9,17 persen.

Selain Internet, Galombang memperkirakan trafik SMS meningkat 2,47 persen selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024. Sedangkan panggilan telepon normal mengalami penurunan sebesar 8,74 persen dibandingkan hari biasa.

Menurut dia, penurunan panggilan telepon rumah merupakan tren global tidak hanya di Indonesia.

Secara umum, Telkomsel sedang membangun 325 BTS 4G dengan menambah kapasitas jaringan 4G sebanyak 70 BTS serta memperluas jaringan untuk memperkirakan jaringan telekomunikasi di Ed Beit.

Jaringan 4G di dalamnya

Ini bukanlah satu-satunya hal. Selain itu, Telkomsel juga akan menyediakan jaringan 4G di 14 kapal mudik yang dioperasikan Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI).

Layanan 4G dari Telkomsel mencakup 1.100 jalur yang dilayani oleh 14 kapal dan 83 pelabuhan di Indonesia.

Telkomsel bermitra dengan anak perusahaan Telkom, Telkomsat, untuk menyediakan sinyal 4G di kapal melalui internet satelit. Telkomsat memegang Hak Pendaratan Geostasioner Starlink Neo (NGSO).

Penyediaan layanan internet 4G di kapal pulang-pergi merupakan penggunaan internet satelit Starlink pertama yang dilakukan Telkomsel.

Saki Hamsat Bramono, Deputy Director Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel mengatakan, “Sampai saat ini masyarakat yang pulang kampung dengan alamat tertentu tidak memiliki akses internet. Dengan begitu kami bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.”

Pihaknya meyakini peningkatan trafik internet selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2024 sebesar 15,22 persen dibandingkan hari normal.

Di antara peningkatan trafik Internet secara keseluruhan, peningkatan terbesar diperkirakan terjadi di provinsi Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara yang merupakan tujuan repatriasi, yaitu sebesar 26,25 persen.

Kenaikan tertinggi kedua diperkirakan terjadi di Pulau Sumatera yakni sebesar 16,99 persen. Di provinsi Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan, peningkatan trafik internet diperkirakan meningkat sebesar 13,11 persen.

Sementara itu, peningkatan trafik internet di Provinsi Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, dan Jawa Barat diperkirakan mencapai 4,28 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *