Merawat Si Manis Tebu

VIVA Tekno – Pohon tebu atau Saccharum officinarum, biasa dimanfaatkan untuk menghasilkan gula. Jus manis tanaman ini merupakan bagian yang paling banyak digunakan untuk membuat gula.

Namun selain gula, batang pohon tebu juga memiliki manfaat luar biasa lainnya bagi kehidupan manusia karena mengandung berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, magnesium, dan zat besi. Airnya juga mengandung senyawa gula yang berfungsi sebagai antidiabetes sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Pohon tebu hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis.

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil tebu kini melakukan perbaikan tata kelola tebu dengan menggandeng rakyat melalui PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III. Hal tersebut juga diperkuat dengan pernyataan Direktur Utama PTPN III Pemeliharaan (Persero) Muhammad Abdul Ghani.

“Kalau kita membahas tebu, berarti bercerita tentang sejarah. Ini komitmen PTPN Group ke depan untuk membangun inkubasi masyarakat, melakukan pelatihan dan konsultasi. Semua itu demi tata kelola tebu oleh masyarakat. Menuju perbaikan nasional pasokan gula.” Katanya, Jumat 29 Desember 2023.

Lebih lanjut Ghani mengatakan, ke depan selain pembenahan Kawasan Hak Guna Usaha (HGU), Grup PTPN juga akan melakukan pembenahan lebih lanjut untuk membantu petani tebu.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengapresiasi fokus Grup PTPN dalam percepatan realisasi swasembada gula nasional dan dukungannya terhadap petani. “Untuk mencapai itu semua tentunya harus ada upaya khusus yang harus dijaga dari hulu hingga hilir,” ujarnya.

Tiko, sapaan akrabnya, mengatakan untuk menjaga keberlangsungan perekonomian Indonesia perlu upaya khusus. Ia juga menegaskan, kita harus terus menjaga ekosistem secara bersama-sama. Mulai dari pembibitan hingga pengelolaan taman.

“Penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan produktivitas dan efisiensi, disiplin pengelolaan perkebunan, pengelolaan keuangan dan komersial serta neraca perusahaan, harus menjadi satu kesatuan agar kedepannya grup PTPN semakin meningkat dari sisi produksi”, dia menjelaskan. .

Sebagai informasi, Direktur Utama Holding PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani mendampingi Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo melakukan kunjungan kerja ke Perkebunan HGU Lumajang PTPN I Regional 4, Jawa Timur.

Kunjungan tersebut dilakukan dengan tujuan mengkaji implementasi beberapa rencana pasca transformasi, serta strategi bisnis grup PTPN demi terwujudnya percepatan swasembada gula nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *