Pimpin Sertijab KSAD, Panglima TNI Serahkan Panji Kartika Eka Paksi Kepada Jenderal Maruli

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto hari ini resmi menyerahkan jabatan Kepala Staf Umum Angkatan Darat (KSAD) kepada Jenderal TNI Maroli Semanjantak.

Pengurusan jabatan Kasad dilakukan melalui acara serah terima militer (Sartijab) yang dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal Agus Sabiant di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Jumat, 1 Desember 2023.

Posisi Kasad itu ditandai dengan mengacu pada spanduk satuan Panji Kartika Eka Paksi yang merupakan lambang satuan TNI AD, mulai dari mantan KSAD Jenderal Agus Sabiant hingga Jenderal TNI Maroli Semanjantak.

Setelah itu, acara resmi dilanjutkan dengan penandatanganan laporan yang disaksikan oleh ratusan prajurit NIAD dari berbagai satuan dan tamu undangan.

Diberitakan sebelumnya, pada Rabu 29 November 2023, Presiden RI Joko Widodo melantik dan melantik Jenderal TNI Maroli Semanjantak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menggantikan Jenderal TNI Agus Sabiant yang saat ini menjabat Panglima TNI.

Jenderal TNI Maroli Semanjantak dilantik menjadi Kasad berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 103 – TNI Tahun 2023 tentang pemberhentian Jenderal TNI Agus Sabiant dan pengangkatan Letjen TNI Maroli Semanjantak. Kepala Staf Angkatan Darat yang baru efektif tanggal 29 November 2023.

Usai membacakan keputusan pengangkatan Kepala Staf Umum, Presiden Joko Widodo menyerahkan lencana Kassada dan menandatangani berita acara pengangkatan serta pengambilan sumpah. Keseluruhan pawai juga disaksikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Sabianto dan Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo.

VIVA Pantau Militer di Markas Besar, Upacara KSSertijab hari ini dihadiri banyak tamu undangan antara lain Wakil Presiden RI ke-6 yang juga mantan Panglima ABRI (Pangab), Jenderal Gen Veranto, mantan Panglima TNI Jenderal Gutt Romantio dan mantan Panglima TNI purnawirawan Laksamana Yudo Margono.

Selain itu, mantan Kepala Staf Umum (KASAD) termasuk purnawirawan Jenderal Milon dan purnawirawan Jenderal Doding Abdul Chaman juga turut hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *