Sosok Lisa Rumbewas, Legenda Angkat Besi Indonesia Peraih 3 Medali Olimpiade

Jakarta –┬áKabar duka datang dari industri angkat besi Tanah Air. Lifter peraih tiga medali Olimpiade asal Papua, Lisa Rumbewas, meninggal dunia di RS Jayapura pada Minggu 14 Januari 2024 pukul 03.00 WIB.

Atlet kelahiran 10 September 1980 ini merupakan putra dari aktor terbaik Indonesia Levi Rumbewas dan lifter putri Indonesia Ida Korwa. Keluarga ini juga dikenal sebagai keluarga atlet dan pionir angkat besi di Bumi Cendrawasih.

Informasi dihimpun dari berbagai sumber pada Minggu 14 Januari 2024 sore, Lisa dikenal sebagai salah satu lifter yang masih mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Wanita yang meninggal pada usia 43 tahun ini pertama kali meraih medali perak pada debutnya di Kejuaraan Sydney 2000 di kelas 48 putri.

Setelah itu, prestasinya semakin gemilang. Dia memenangkan medali yang sama lagi di Olimpiade Athena 2004 di kategori 53 putri.

Untuk ketiga kalinya, Lisa kembali meraih medali, kali ini meraih perunggu pada kategori 53 putri di Kejuaraan Beijing 2008.

Medali tersebut diserahkan oleh International Olympic Committee (IOC) yang diwakili oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) pada tanggal 3 Desember 2017 di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta.

Lisa mengaku berhasil meraih perunggu pada kompetisi tersebut ketika atlet Belarusia Nastassia Novikava kedapatan menggunakan obat doping turinabol dan stanozol yang menyebabkan medalinya dicabut.

Lisa yang menduduki peringkat ke-4 dengan total angkatan 206 kilogram otomatis menempati posisi ketiga.

Tak hanya bersinar di Olimpiade. Lisa telah meraih medali di beberapa ajang lain, termasuk meraih perak SEA Games Kuala Lumpur 2001 di kelas 48kg putri.

Ia kemudian meraih perunggu pada Asian Games Busan 2002 di kelas 48 kg putri dan meraih perak di Piala Dunia Angkat Besi Santo Domingo 2006 di kelas 53 kg putri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *