Tim UI Torehkan Sejarah Baru di Kompetisi Pemrograman Tertua Dunia ICPC 2023

VIVA – UI dengan bangga tampil di International Collegiate Programming Competition (ICPC) Global Finals 2023 di Luxor, Mesir. Tim Stack.py dan Confused Weh UI masing-masing menempati posisi ke-26 dan ke-36 dari 840 peserta dari 50 negara.

ICPC World Finals merupakan babak final dari rangkaian turnamen ICPC. Di negara yang diikuti 3406 sekolah dari 104 negara, tim yang memenangkan dua persen pertama lolos ke final. Tim UI menjadi juara pada Kejuaraan Regional Asia ICPC Jakarta 2021 dan 2022. Pada tahun 2023, ICPC menjadi tuan rumah Final Dunia ke-46 dan ke-47 sebagai tanggapan atas penundaan pandemi sebelumnya.

Tim UI untuk World Finals ICPC 2023 merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilcom). Tim Stack.py beranggotakan Pikatan Arya Bramajati, Fausta Anurah Dianparama, dan Hokki Yudhiono, sedangkan tim Bingung Weg beranggotakan Stephen Novaryo, Ahmad Haulian Yoga Pratama, dan Budiman Arbenta.

Menurut Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D., dosen pembimbing sekaligus pengajar Fasilkom UI, tim UI mampu menyelesaikan lima soal dari 11 tes yang diberikan pada Final Dunia ICPC ke-47 tahun 2023. Kini, pada World Finals ICPC 2023 ke-46, tim UI menempati posisi ke-26 dengan menyelesaikan enam dari 11 soal.

“Dalam pemeringkatan kali ini, UI sejajar dengan Nanyang Technological University (NTU) untuk peringkat tertinggi di Asia Tenggara. Jumlah permasalahan yang terselesaikan dengan baik sebanding dengan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Stanford University,” Denny dikatakan. Pada Selasa, 30 April 2024, demikian laman resmi UI.

Ia menambahkan, dukungan Huawei International sangat membantu meningkatkan kemampuan desain kompetitif tim UI.

Prof. Dr. datang Dekan Fasilcom UI dan Master Petrus Mursanto menyampaikan apresiasi atas upaya para mahasiswa. “Selamat kepada tim UI yang menjadi tuan rumah ICPC World Finals di Luxor 2023. Hal ini menunjukkan dukungan penuh Fasilkom UI dan membuktikan bahwa UI merupakan pusat keunggulan kompetitif Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), di dalam negeri dan di dunia. kekayaan.”

ICPC World Finals merupakan kompetisi pemrograman tertua di dunia yang dimulai pada tahun 1977. Sebelumnya, UI menduduki peringkat ke-32 pada ICPC World Finals ke-44 di Moskow pada tahun 2021, mengalahkan Stanford University yang terpilih sebagai peringkat ke-51. Baca artikel menarik dan mendidik di tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *